Selamat malam bikers!
Selamat malam minggu bagi yang malam mingguan. Saya sih di malming di kos aja karenayang biasa diapelin lagi pergi capek seharian ada kegiatan kampus.
Di malam hari yang temaram ini saya ingin berbagi pengalaman saya bereksperimen dengan knalpot ori bawaan "si bebeb" vixion saya. Tempo hari saya melakukan pembobokan knalpot si bebeb. Sebenernya yang ngerjain bukan saya sih.. Tapi mas mas owner Pratama Jogja Racing (spesialis knalpot motor dan mobil) yang beralamat di Jl. Ngadirejo Parakan Temanggung Jawa Tengah. Beliau juga udah bikin knalpot racing buat macam-macam tipe motor dan mobil dengan brand PJRone.
Simak tentang cara bobok knalpot ori old vixion dan estimasi biayanya di postingan ini bro!
Apa sih knalpot bobokan itu?
Jadi di dunia ini tercipta 3 bikers, ada yang setia dengan knalpot ori motornya masing-masing, ada pula yang ganti knalpot motornya dengan knalpot racing, ada juga yang pake knalpot ori tapi pengen performa knalpot racing.
Alesan bikers buat bobok knalpot sih buanyaak bgt. Mulai dari yang pengen knalpot free flow dengan bentuk ori nya biar aman dari polisi, (sebenernya gak aman-aman juga sih) ada juga yang menilai knalpot bobokan lebih murah daripada harus beli knalpot racing (yang ini juga tergantung sih), dll,dsb.
Sebenernya tadinya saya cuman mau mindahin posisi knalpot aja jadi diatas kayak gitu, tapi kata mas masnya, dikarenakan pemanjangan leher knalpot, maka alangkah baiknya bila knalpot dibobok juga biar performanya gak turun. Karena saya gak pengen suara yang terlalu berisik, jadi bobokan yang diterapkan adalah semi free flow.
Bagaimana langkah-langkah pengerjaan knalpot si bebeb?
Mari kita simak...
Membuat Knalpot Bobokan
1. Lepas dulu knalpotnya
Estimasi Biaya
Biaya bobok knalpot ori old vixion: 80k
Biaya bikin leher knalpot pake pipa knalpot racing: 150k
Biaya pipa sambungan leher berwarna hitam: 30k
Sekian dulu curhatan saya tentang modifikasi knalpot bebeb jadi knalpot bobokan. Sampai jumpa di postingan lain.
Thanks for reading, have nice weekend bro! Blaaarr!!
Selamat malam minggu bagi yang malam mingguan. Saya sih di malming di kos aja karena
Di malam hari yang temaram ini saya ingin berbagi pengalaman saya bereksperimen dengan knalpot ori bawaan "si bebeb" vixion saya. Tempo hari saya melakukan pembobokan knalpot si bebeb. Sebenernya yang ngerjain bukan saya sih.. Tapi mas mas owner Pratama Jogja Racing (spesialis knalpot motor dan mobil) yang beralamat di Jl. Ngadirejo Parakan Temanggung Jawa Tengah. Beliau juga udah bikin knalpot racing buat macam-macam tipe motor dan mobil dengan brand PJRone.
Simak tentang cara bobok knalpot ori old vixion dan estimasi biayanya di postingan ini bro!
Apa sih knalpot bobokan itu?
Jadi di dunia ini tercipta 3 bikers, ada yang setia dengan knalpot ori motornya masing-masing, ada pula yang ganti knalpot motornya dengan knalpot racing, ada juga yang pake knalpot ori tapi pengen performa knalpot racing.
Alesan bikers buat bobok knalpot sih buanyaak bgt. Mulai dari yang pengen knalpot free flow dengan bentuk ori nya biar aman dari polisi, (sebenernya gak aman-aman juga sih) ada juga yang menilai knalpot bobokan lebih murah daripada harus beli knalpot racing (yang ini juga tergantung sih), dll,dsb.
Knalpot Bobokan si "Bebeb" |
Bagaimana langkah-langkah pengerjaan knalpot si bebeb?
Mari kita simak...
Membuat Knalpot Bobokan
1. Lepas dulu knalpotnya
2. Belah durennya knalpotnya
Bikin belahannya |
Terbelah deh... |
3. Menghilangkan saluran-saluran knalpot
Kurang lebih saluran dalam knalpot ori old vixion tu kayak gini:
Potong dan hilangkan saluran yang disilang
Lalu bikin pipa baru yang menghubungkan pangkal knalpot hingga ujung knalpot seperti garis merah
Pipa di bagian pangkal dibiarkan menggantung lalu saluran bagian pangkal (silver) diberi lubang. Pipa baru diberi lubang-lubang seperti jaring.
NB: Sengaja yang dihilangkan hanya sebagian karena saya mengingikan bobokan semi free flow. Kalo mau bobokan free flow ya hilangkan saja semua saluran yang berwarna silver lalu ganti dengan pipa baru yang mendistribusikan udara dari pangkal silencer hingga ujung silencer.
Saya menggunakan pipa berdiameter 1,25" untuk saluran barunya.
Modifikasi Tambahan
Membuat leher knalpot baru
Untuk leher bagian pangkal (yang nempel ke mesin) hingga bawah footstep memakai pipa khusus untuk leher knalpot racing (anti karat dan fleksibel terhadap panas; cepat dingin saat terkena angin) dengan diameter kurang lebih 1" (lebih besar dari leher ori vixion), yang akan berwarna merah kebiruan saat panas, dan berwarna kuning semi gold saat keadaan dingin. Kemudian disambung pipa berdiameter 1,25" berwarna hitam yang saya beli di toko besi.
Setelah melakukan pengerolan terhadap pipa-pipanya, selesai sudah proyek facelift knalpot ini. hehe
Review Performa
Garapan PJR menurut saya cukup memuaskan, dengan suara yang tidak seberisik knalpot free flow (walaupun tetap agak berisik kalo di pake di jalanan kampung) namun menghasilkan akselerasi yang spontan di putaran bawah, tapi tidak kehilangan momen di putaran atas. Top speed pun naik sekitar 5-10 km/jam. Tentunya akselerasi dan top speed vixion berknalpot free flow tidak lepas dari setting ECU dan kadar CO juga.
Puas deh walaupun harus agak ngirit di sisa bulan ini. haha.
Video tentang suaranya menyusul aja ya..
Estimasi Biaya
Biaya bobok knalpot ori old vixion: 80k
Biaya bikin leher knalpot pake pipa knalpot racing: 150k
Biaya pipa sambungan leher berwarna hitam: 30k
Sekian dulu curhatan saya tentang modifikasi knalpot bebeb jadi knalpot bobokan. Sampai jumpa di postingan lain.
Thanks for reading, have nice weekend bro! Blaaarr!!
kalo knalpot gl bmodif cb enaknya dibobok ga masbro?
BalasHapusSbb om. Tergantung kebutuhan mas bro. Kalo mau akselerasi dan top speed makin naik ya dibobok. Kalo pengen jadiin motor cinta yang gak berisik ya standar aja
HapusJogjamu ngendi bro.. Q pgn melu".. Njalok kontakmu :D
BalasHapusBlok o belakang harjolukito bro. Sms/wa 089663009013
HapusJogjamu ngendi bro.. Q pgn melu".. Njalok kontakmu :D
BalasHapusTadi siang baru bbook knalpot mio...
BalasHapusIsi silincernya tryata beda dg vixion ya.
Btw..●๋•ηι¢є ιηƒσ●๋•
Iya om. Tiap motor silencernya beda polanya. Desainnya tergantung kebutuhan si motor itu sendiri. Wah boleh tu share foto2nya kalo ada. Hehe
Hapusklo mo bobok knalpot honda win biar suaranya glegar gmana ya...???
BalasHapusKalo pake knalpot ori win langsung aja bobok jadiin free flow. Diameter pipa silencernya ganti yang lebih gede gitu.
Hapusdikasih glasswool ga mas? jika pipa baru dalam silencer ga dipasang efeknya gmn? jadi bagian pangkal pipa yg di dalam silencer, gasnya langsung ke moncong knalpot tanpa melalui pipa baru
BalasHapuskalo aku gak dikasih om.
Hapusefek tanpa pipa tergantung sih ya.. bisa jadi free banget jadi makin enteng, atau malah jadi gak bisa lari karena output aliran gasnya gak beraturan arahnya.
yang jelas suaranya bakalan keras banget om.
Minta sarannya dong, mau bobok knalpot new jupiter mx biar suaranya adem..
BalasHapustapi tenaga plonggg..
Terimakasih..
sbb om. bisa bobok free flow dengan penambahan busa gasbul.
HapusIjin bang, bisa minta bahan buat bobok kenalpot jmx biar tenaga jos tapi suara adem, nge bass gitu
HapusIjin bang, bisa minta bahan buat bobok kenalpot jmx biar tenaga jos tapi suara adem, nge bass gitu
HapusKalo udh dibobok bisa dibalikin lagi kayak semula gak bos???
BalasHapusgak bisa om. soalnya semua pipa katalisnya dah dipotong-potong.
Hapusklo bobok knalpot shogun new bisa gak om?
BalasHapusBisa om. Cari aja tukang knalpot terdekat.
HapusKalo bobok kbalpot vega zr enaknya yg kayak mna om...
BalasHapusTergantung selera om. Kalo pengen yang powernya bener2 keluar pake free flow. Kalo gak suka suara yg terlalu berisik bobok semi freeflow aja udah lumayan menambah power putaran bawah
Hapusklau bobok supra x 125 gmn om ?
BalasHapusklau bobok supra x 125 gmn om ?
BalasHapusKonsep bobok knalpot apa aja sebenernya sama aja om. Tinggal kita pengennya dibobok yg gimana suaranya, cari tukang knalpot, terus obrolin pengennya gimana. Pasti ngerti kalo tukangnya dah profesional
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusTeorinya kacau.. performa naik cuma di RPM rendah tu nanti.. di RPM tinggi down..
BalasHapusTergantung gmana cara boboknya om. Buat ngukur besaran keluaran tenaga saat output gass ada perhitungannya, antara besaran silinder, diameter leher, dan panjang knalpot. Kalau saluran entah leher knalpot atau saluran silencernya terlalu besar memang kaya gitu jadinya om. Rpm rendahnya akselerasi jadi kuat, sedangkan rpm atas nya down karena tekanan outputnya hilang momentumnya. CMIW
Hapusitu vixion old kan bro? akselerasi gimana?mantep kga? atas nya gimana??meledak ledak gk knalpotnya bro??
BalasHapusitu vixion old kan bro? akselerasi gimana?mantep kga? atas nya gimana??meledak ledak gk knalpotnya bro??
BalasHapusSory baru respon bro. Untuk akselerasi jelas jadi lebih enteng. Putaran atasnya tetap ngisi dan gak meledak soalnya udah diperhitungkan diameter leher knalpot dengan diameter pipa silencernya dan panjang leher sampe ke ujung silencernya. (resep abang tukang knalpotnya. Saya pun gak ngerti gimana ngitungnya)diimbangi dengan setting limitter ecu dan setting CO (minta tolong mekanik bengkel yamaha)
HapusOm btw beat fi klo mo ember tanpa bore up naikin mesin gmna biar klo dlepas gasnya emberrrrrr gmna ya?
BalasHapussori bgt baru respon om. jarang buka blog. Coba mainin sektor manifoldnya. Porting Polish istilah mekaniknya. Jadi memperlancar angin yang masuk ke ruang bakar mesin. sama ganti knalpot aja yang freeflow om.
HapusMinta sarannya segera om
BalasHapusMinta sarannya segera om
BalasHapusOm saya mau minta saran motor saya Mio GT soul objek saya sudah 3 x bolak balik karna suara gak sesuai bgt yg saya minta saya mnta di bobok knalpot standar yg speak saya 57,8 dan slincer knalpot saya pake ukuran awal 20,15, dan akhir 11,2 tp diakhirnya suaranya pecah pas dilepas saya mnta sarannya dong Om bwt knalpot saya harus gmna ya biar suaranya Gerung di awal gtu thanks zani Dr jakarta
BalasHapusOm saya mau minta saran motor saya Mio GT soul objek saya sudah 3 x bolak balik karna suara gak sesuai bgt yg saya minta saya mnta di bobok knalpot standar yg speak saya 57,8 dan slincer knalpot saya pake ukuran awal 20,15, dan akhir 11,2 tp diakhirnya suaranya pecah pas dilepas saya mnta sarannya dong Om bwt knalpot saya harus gmna ya biar suaranya Gerung di awal gtu thanks zani Dr jakarta
BalasHapussori bgt baru respon. jarang buka blog. Wah kalo itu udah masuk faktor selera sih om. Agak susah juga caranya gimana. Ya mau gak mau harus cari tukang bobok sampai sesuai yang dipengen sih om. Kalo gak coba searching di youtube, biasanya tukang bobok sering posting video hasil bobokannya. Barangkali ada yang cocok bisa dicari contact nya om.
HapusBang biaya bobok berapaan ya... Soalnya sy juga ingin bobok knalpot sy cuma belon tau ongkosnyan brpan.. Kalu abang sendiri brp? Dan ada beda biayanya gk dari semi free flow dan free flow?
BalasHapusSaya bukan tukang knalpot jd gatau harganya 😁. Tp setau saya harganya tergantung daerah om. Di jateng-diy harga kisaran 80-120. Biayanya sama aja sih. Yg bedain tergantung jenis motor aja biasanya.
HapusOk makasih infonya gan, walau akhirnya saya malah beli knalpot proliner 😅😅
HapusBang sya mo nanya. Sya abis beli knlpot beat yg udh di bbok tpi suaranya pelan bgt kyak gak lepas gtu. Trus mlah mtornya jd kurang lari. Nah itu biar suara knalpotnya kenceng dn tarikanya enteng gmna y bang?
BalasHapusBobok ulang aja om. Mungkin ukuran pipa yg dipakai kurang besar. Kalo gak liat glasswoll nya terlalu padat atau gmana. Intinya dibawa ke tukang knalpot lagi sih om 😁
HapusPermisi om, numpang nanya dan ksin solusinya y om, kemaren ane abis codan knalpot tarikan awalnya mah sehat sehat aja om ga berisik cuman kalo di tarik cempreng bngt om suaranya tp kalo di pantengin mah adem bener om , solusinya dong om biar knalpot ane ga cempreng banget gmn ya
Hapusbang klo bobok mio j gimana bang,klo ditukang bobok berapa harganya?
BalasHapusLangsung aja bawa ke tukang bobok terus bilang pengennya suaranya gimana dan performanya gimana. Tiap daerah berbeda-beda untuk harganya sih, tapi harga kisaran 80rb-120rb tergantung request kita dan tingkat kesulitannya.
Hapusbang klo bobok mio j gimana bang,klo ditukang bobok berapa harganya?
BalasHapusBang , mau tnya ..
BalasHapusKlo knalpot tsukigi buat mio soul gt bisa di bobok ulang ga bang ?
Tlg info nya ya bang..
Thx...
Maaf baru respon. Jarang buka blog 🙏🏻
HapusKalo knalpot racing udah gak bisa dibobok ulang. Bisanya di setting ulang aja, penggatian glaswool atau saringannya
Permisi bang saya mau tanya
BalasHapusCara bobok nalpot supaya di bawa pelan gak ada suaranya terus di tarik teriak dan di lepas ember itu gimana?
Motor saya mio automatic
Spek mesin saya 58,5
Dulu saya pernah punya new shogun 110,suaranya sama seperti yang anda inginkan. Caranya semua isi knalpot di buang semua.
HapusBro gw punya fiz r gimana bobok nya
BalasHapusMaaf baru respon. Jarang buka blog 🙏🏻
HapusKalo knalpot 2T saya kurang tau. Belom pernah bobok knalpot 2T soalnya.
bang kalo knalpot jupiter z dibobokin trs gk dikasih pipa baru gimana?
BalasHapusMaaf baru respon. Jarang buka blog 🙏🏻
HapusPipa baru yg di dalem silencernya? Ya gak masalah sih, cuman nanti output suara sm powernya beda. Bisa makin bagus atau malah makin gak enak.
Klo bikin sekatan berapa ya pak?
BalasHapusMaaf baru respon. Jarang buka blog 🙏🏻
HapusWah jalo ini bisa ditanyain ke tukang knnalpot terdekat langsung aja. Soalnya saya jg bukan tukang knalpot. Hehe
Klo bikin sekatan berapa ya pak?
BalasHapusGan saya mau nanya nh,saya mau bobok motor r15 saya gan tapi saya cuma mau motor nya lebih bertenaga tapi gak brisik gt gan,jadi plong gt gmna cara nya y,mohon saran nya,mksh
BalasHapusMaaf baru respon. Jarang buka blog 🙏🏻
HapusAlternatif pertama, bobok aja kayak yg ada di postingan ini.
Alternatif kedua beli knalpot racing yang ada db killernya
ada yg tau ga tukang bobok di daerah cikarang ?
BalasHapusKalo setting ecu sama kadar co dah trmsuk dlm dftr hrga d ats y mas?
BalasHapusMaaf baru respon. Jarang buka blog 🙏🏻
HapusBelum gan. Setting ecu dan co bisa di bengkel resmi yamaha. Kurang tau berapa biayanya. Kalo saya dulu sekalian servis dan ganti oli soalnya. Tp gak mahal kok gak sampe 50rb
Ane kan pake Pitung knalpot FU itu udah dibobok, tapi tep aja akselarasi kurang enak sama suara ga menggelegar, apa dibobok lagi ya gan
BalasHapusMaaf baru respon. Jarang buka blog 🙏🏻
HapusCoba main settingan karbu bro. Percuma bobok kalo settingan karbunya gak pas.
Ane kan pake Pitung knalpot FU itu udah dibobok, tapi tep aja akselarasi kurang enak sama suara ga menggelegar, apa dibobok lagi ya gan
BalasHapusBos saya mau bobok kenalpot R15 standar ..jadi agar suaranya menggelegar bulat padat dan ngebas..disain yang model gimana bos..berikan sarannya bos ya..
BalasHapusSaya juga old vixion pengen ganti silincer tiger revo enaknya gimana ya ngaturnya? Hehe
BalasHapusBang kan motor saya byson,packing nya bocor,stang seher minta ganti,jadi suara mesin berisik.nah kalo saya beli knalpot racing merk nobi,suara mesin nya ke tutup ga gan?
BalasHapusBang gimana model sarangan knalpot bobokan jupiter z burhan biar suara ngebas halus dan agak padat
BalasHapusOm cara bikin saringannya bagusnya pipa di lubangin seluruhnya apa separo
BalasHapus