Bikin Jangkung Si Megan : Cara Meninggikan NVL/NVA/Old Vixion

Hi Bro!
Selamat datang di blog gaje ini..
Dalam kesempatan ini saya ingin berbagi cerita saya saat meninggikan Si Megan NVA kesayangan saya. Bukan ditinggiin dengan diurut atau terapi loh.. *kriik* *kriik*

Si Megan


Alasan saya meninggikan megan selain supaya lebih stylish, (nguehehehe) juga untuk kebutuhan touring supaya posisi riding gak terlalu nungging dan ground clearance jadi gak gampang mentok tanah.

Ritual Modifikasi

Overall cara meninggikan semua varian vixion itu sama karena basis frame dan ukuran shock absorbernya juga sama. Shock depan ditinggikan dengan cara disambung dan shock belakang ditinggikan dengan carabor conrod/ganti conrod aftermarket.

Langkah pertama yaa yang jelas beli dulu lah peninggi shocknya.. Peninggi shock bisa di dapat di toko modifikasi terdekat. Biasanya part aftermarket vixion itu melimpah di pasaran (salah satu keunggulan motor sejuta umat nih).

Sambungan Shock Depan
Sambungan Shock Depan

Untuk sambungan shock depan saya pakai merk TDR dengan panjang sambungan 7cm. Kebetulan terbuat dari Besi baja campuran dengan lapisan chrome menyelimuti permukaannya jadi insya Allah tahan karat deh.

Pengaplikasian Sambungan ini dengan melepas penutup shock depan, memindah seal karetnya lalu mengganti penutup dengan peninggi ini. Kebetulan saya gak jepret secara detail karena saya diburu waktu saat mengganti (keburu sore).












Meninggikan Shock Belakang
Untuk urusan meninggikan shock belakang dengan melepas conrod ori lalu mengganti dengan merk aftermarket atau dengan mengebor conrod ori jadi lebih pendek seperti gambar disamping.

Kalo saya pribadi lebih memilih mengebor conrod asli karena mempertimbangkan kekuatan struktur conrod itu sendiri pasti lebih kuat daripada conrod yang dijual di pasaran (rata-rata yang beredar harganya 15.000-50.000). 

Memang ada sih conrod aftermarket yang bagus. Harganya kisaran Rp 80.000-150.000 tapi saya udah nyari di 3 toko berbeda di Temanggung adanya yang murah, daripada ambil resiko ambrol di jalan pas touring dan mager buat nyari online akhirnya saya memilih mengebor conrod orinya aja deh. hehe

Bagi sobat pembaca yang ingin mengganti conrod aftermarket pertimbangkan juga kualitas bahannya ya.. Jangan mentang-mentang murah dan mentingin style semata jadi harus mengorbankan keselamatan pribadi dan orang lain.

Penambahan Aksesoris

Dikarenakan shock depan yang makin panjang dan ground clearance yang naiksekitar 15 cm otomatis standar samping, standar tengah dan kabel rem depan perlu ada peng-otakatik-an.

Kabel Rem Depan
kabel rem TDR


Kabel rem depan saya ganti dengan kabel rem variasi TDR 91cm. Pemasangannya perlu menambahkan minyak rem lagi karena volume fluida kabel itu sendiri pasti bertambah seiring pertambahan panjang dimensi kabel.

Standar samping KLX150


Standar samping ori NVA pun saya ganti dengan standar samping KLX 150 yang lebih panjang. pemasangannya gak PnP karena perlu pengelasan untuk dudukan pegas. Sengaja saya ganti karena pengen nyoba aja sih. hehe..

Dan untuk standar tengahnya saya sambung dengan pipa besi seadanya, yang penting kuat. Dan setelah semua prosesi las mengelas, seluruh bagian besi baru saya cat dengan cat semprot biar gak karatan.

Hasil dan Komparasi

BEFORE



AFTER


Gak jinjit gak asik :D

Cukup sekian dulu thread gaje ini semoga ada hikmahnya.
Keep safety riding and have a nice day...
BLAAARR!!!

Komentar

  1. kabel kopling sama tali gas nya diganti juga ndak mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru respon. Jarang buka blog 🙏🏻
      Gak ganti bro. Cuman jalurnya aja yg diubah. Semula dari bawah tangki masuk ke sela shock depan baru naik ke tuas, sekarang dari bawah tangki langsung naik ke tuas.

      Hapus

Posting Komentar